logo

Peresmian Pelayaran Perdana Kapal Perintis Barang Jalur Selatan Jawa

Tol Laut Selatan Jawa diresmikan operasionalnya oleh Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Rabu (9/5/2018) di Dermaga Wijayapura Pelindo Cilacap.

Kapal rintisan ini berukuran sekitar 3300 GT, dengan kapasitas 4.200 ton. Pelayaran perintis ini akan menghubungkan antar kabupaten di selatan Jawa, mulai dari Cilacap sampai Kulonprogo, Pacitan, Trenggalek, Banyuwangi menuju ke Pelabuhan Celukan Bawang Bali. Berawal dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap karena Cilacap dijadikan sebagai ‘home base’ atau pelabuhan pangkal pelayaran perintis di Jawa Bagian Selatan.

Untuk muatannya diharapkan merupakan produk-produk lokal. Sebab, pelayaran perintis berarti kapal-kapal ini mendorong perkembangan ekonomi, sehingga diharapkan mampu mengangkat perkembangan ekonomi masyarakat sekitar.

Kapal-kapal ini akan membawa muatan selama 14 hari, atau dalam satu ‘round proyek’ dari Cilacap-Banyuwangi-Celukan Bawang Bali pulang pergi ditempuh dalam waktu 14 hari.

Tol laut ini mendukung Cilacap yang dijadikan sebagai pusat kegiatan nasional. Dengan adanya tol laut di bagian selatan Jawa ini juga diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas darat di Pulau Jawa.